in

Zoom untuk Pembelajaran Online, Efektif atau tidak?

Aplikasi Zoom untuk pembelajaran online banyak sekali pengguna dan peminatnya.

Oleh  Indah Purnamasari dan  Frisma Handayanna

Penggunaan teknologi informasi meningkat sangat pesat, terlebih lagi dalam kondisi pandemi Covid-19. Mengikuti himbauan pemerintah untuk social distancing, maka pembelajaran dilakukan dari rumah secara daring (dalam jaringan). Penyampaian materi pembelajaran secara daring dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi virtual meet, salah satunya, yang paling populer adalah Zoom. Zoom sendiri sebagai aplikasi komunikasi video conference yang dapat digunakan dalam berbagai perangkat baik seluler maupun desktop.

Populernya aplikasi Zoom dalam pendidikan, menjadi dasar penelitian yang dilakukan oleh dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM). Penelitian ini untuk mencari tahu, sejauh mana penerimaan aplikasi Zoom untuk pembelajaran online. Penelitian ini   menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) untuk memprediksi penerimaan dan kegunaan dari sisi teknologi informasi.

Hasilnya mengungkapkan bahwa, variable yang mempengaruhi yaitu Presepsi Kegunaan/manfaat (Preceived Usefulness), Presepsi Kemudahan Penggunaan (Preceived Ease to Use), Minat/niat Perilaku (Behavioral Intention to Use) dan Penggunaan Nyata Sistem/Aplikasi (Actual System Usage). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) sangat sesuai untuk mengukur atau mengetahui penerimaan teknologi sistem informasi khususnya pada aplikasi Zoom ini. Semakin banyak faktor atau variabel yang diukur,  maka kesesuaian akan semakin naik.

Pengaruh antarmasing-masing variabel di mana variabel minat perilaku untuk menggunakan (Behavioral Intention to Use) lebih mendominasi daripada variabel lainnya yang digunakan, dengan nilai sebesar 5,31. Sedangkan untuk yang terendah adalah Persepsi kemudahan pengunaan (Perceived Ease of Use) dengan nilai minus (-0,50).

Dari penelitian yang telah dilakukan oleh dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin pengguna tertarik menggunakan aplikasi Zoom, maka semakin besar penerimaan aplikasi Zoom untuk pembelajaran online dan kemudahan penggunaan aplikasi merupakan satu kriteria yang sudah umum untuk diterapkan di berbagai jenis industri pengembang aplikasi.

Sehingga aplikasi Zoom untuk pembelajaran online ini banyak sekali penggunanya dan peminatnya. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Zoom banyak peminatnya dan bermanfaat dalam pembelajaran online selama pandemi Covid-19.

*)Penulis adalah dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) prodi Sistem Informasi dan Informatika.

Source

What do you think?

Written by News Sch

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Nilai Rapor Glow Up Saat Pandemi? Gampang!

KPAI: Pastikan 70 Persen Warga Sekolah Sudah Divaksin