in

UTBK: Dari Frustrasi Hingga Halusinasi

Photo by Keenan Constance from Pexels

Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah jenjang terakhir pendidikan wajib di Indonesia. Biasanya setelah lulus dari jenjang ini, banyak pelajar yang berbondong-bondong untuk mendapatkan kursi di perguruan tinggi. Banyak jalur masuk perguruan tinggi yang ada seperti SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri perguruan tinggi.

Jalur yang paling penuh drama ialah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang saat ini dilakukan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Soal-soal ujian di jalur ini terbilang cukup sulit (atau sangat sulit ya, hahaha). Para siswa biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi ini agar bisa lolos di perguruan tinggi yang ditujunya.

Saking susahnya ujian di jalur seleksi ini, banyak banget fenomena yang terjadi, dari kemunculan akun-akun ambis di twitter hingga kehaluan pada calon peserta. Salah satu calon peserta yang halu saking capeknya mempersiapkan ujian ini seperti si sender di akun @schfess yang membagikan screenshot laman berita berjudul “LTMPT Belum Putuskan Sistem Penilaian UTBK SBMPTN 2021”, tak hanya sampai situ. Ia berkhayal lebih jauh bahwa UTBK tiba-tiba dibatalkan dan cara seleksinya diganti dengan men-share logo PTN impian ke media sosial dan men-tag 5 teman. Hahaha itu ujian masuk perguruan tinggi atau pendaftaran webinar ya.

Ternyata kehaluan sender memancing manusia-manusia halu yang lain di kolom reply menfess tersebut. Yuk kita liat replies halu tersebut.

Nah, itulah beberapa replies yang gak kalah halu dari si sender. Ternyata UTBK gak cuma bikin frustrasi, tapi juga halusinasi ya.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Hakikat Berdoa; Meminta yang Terbaik

Manajemen Diri Dalam Belajar