in

Tips Mengerjakan Tugas Kelompok Dimasa Pandemi

Tugas kelompok menjadi sesuatu yang tidak bisa kita hindari keberadaannya karena terkadang guru membutuhkan pengambilan nilai dalam bentuk kelompok. Terkadang tugas kelompok menjadi menyenangkan apabila kita bisa membagi tugas dan mendiskusikannya bersama, namun disisi lain tugas kelompok akan menjadi sesuatu yang menyeramkan karena kita dihadapkan dengan anggota yang tidak mau bekerja, tidak bisa menyesuaikan diri dan lain sebagainya. Mau mengerjakannya sendirianpun rasanya sangat berat karena tugas yang dibebankan adalah tugas yang harusnya dikerjakan bersama.

Ini membuat sebagian dari kita membenci tugas kelompok dan cenderung menghindarinya. Suara teman-teman kita dikolom komentar ini juga sangat mewakili kita semua.

https://twitter.com/schfess/status/1446730822338301952

Maka dari itu disini writer bakalan ngasih tips yang mungkin bisa membantu teman-teman menyelesaikan tugas kelompok dengan lebih ringan.

1. Perhitungkan jangka waktu pengerjaan

Tugas akan lebih ringan apabila bisa kita cicil. Mengerjakannya dengan perlahan-lahan juga bisa membuat tubuh tidak cepat stress dan demotivated. Dengan begini kita memiliki energi yang lebih dalam menyelesaikannya.

2. Bagilah tugasmu dengan setidaknya satu anggota kelompok

Terkadang kita mendapat nasib kurang baik dengan mendapatkan anggota kelompok yang kurang cekatan dan sangat lambat. Namun setidaknya kita harus memberikan kepercayaan kepada satu orang untuk kita ajak diskusi mengenai tugas yang dibebankan. Dengan membaginya, tekanan yang dirasakan tidak begitu berat dan pengerjaan akan lebih efektif karena mendapat saran dari orang lain.

3. Gunakan platform yang bisa diakses semua orang

Agar semua anggota ikut berpartisipasi, mereka setidaknya harus mengetahui sampai mana progress tugas itu berjalan. Jika menggunakan platform yang tepat seperti google document untuk penulisan tugas, google silde untuk pembuatan ppt, dan platform sejenisnya tentu akan memudahkan kita. Semua anggota dapat mengedit dan mengaksesnya akan membuat anggota tidak merasa terintimidasi dan bisa mengerjakan semuanya bersama-sama.

4. Berikan apresiasi kepada semua anggota kelompok dan berikan mereka kesempatan menyampaikan ide

Terkadang, anggota kelompok kita merasa tidak dihargai dan akhirnya tidak ingin berpartisipasi karena idenya tidak didengarkan. Inilah kenapa apresiasi terhadap suatu usaha sangatlah penting. Tampunglah semua ide dari anggota kelompok dan diskusikanlah mana yang terbaik. Sampaikanlah dengan baik agar tidak ada yang merasa dikucilkan. Ini akan mempermudah pekerjaan selanjutnya.

Demikianlah beberapa tips yang bisa writer sampaikan kepada teman-teman sekalian. Yang terpenting adalah selalu membagi tugas yang ada maka semuanya akan menjadi lebih ringan dan cepat diselesaikan.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

7 Lagu Bahasa Inggris yang Mudah Dinyanyikan

Senyum Yang Hilang