in

Tips Melewati Masa SMA Anti Nyesel

Photo by Rachmat Putro Restuaji on Unsplash

Masa SMA adalah masa yang paling indah, namun kadang keindahan itu justru jadi penyebab kita lalai untuk mempersiapkan hal-hal untuk ke jenjang selanjutnya karena sejatinya hidup baru dimulai setelah lulus SMA. Kebanyakan pelajar di Indonesia tuh lagi seneng-senengnya main dan berorganisasi sehingga mengorbankan waktu dan tenaga untuk belajar. Ada juga yang telalu serius belajar sampe lupa kalau berorganisasi dan bersosialisasi juga penting. Emang harus seimbang ya guys.

Ngomongin tentang pemanfaatan waktu SMA, salah satu sender di akun twitter @schfess mengangkat topik ini dan bertanya tentang hal apa yang disesali teman-teman yang telah lulus dari SMA karena gak dilakuin pas awal masuk SMA.

Supaya kita semua dapat belajar dari pengalaman teman-teman yang sudah lulus SMA, kita simak yuk pendapat mereka!

Menurut @O0723HRJ, ia menyesal karena kurang memahami sistem SNMPTN sejak awal masuk, akhirnya dia gak bisa menjaga nilai semester 1 – 4nya. SNMPTN menggunakan nilai rapot kita selama sekolah, maka setiap siswa harus aware dengan sistem SNMPTN ini sejak mereka masuk SMA.

Kalo @lordjeiy penyesalannya karena ia terlalu pasif di SMA dengan menutup diri dari hal-hal baru, dateng ke sekolah – duduk – pulang. Mungkin ini juga hal yang menjadi masalah kebanyakan dari kita.

Versi @jejehagf nyesel karena masuk IPA, nah ini penyesalan yang agak subjektif ya, makanya untuk teman-teman yang baru mau masuk SMA sebaiknya riset dulu ya sebelum memutuskan untuk ambil IPA / IPS.

Pengalaman @urcrushcok ada benernya juga nih, karena kita memang perlu aktif pada kegiatan organisasi ataupun ekskul untuk menambah relasi.

Ternyata banyak banget hal-hal yang jadi penyesalan teman-teman karena ga dilakukan pada masa SMA. Masa SMA cuma tiga tahun jadi kalau gak digunakan sebaik mungkin, nyeselnya cukup menampar guys. So, buat teman-teman yang masih duduk di bangku SMA, manfaatkan waktumu dengan baik ya!

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Jambore Story: Barang Bawaan

Banyuwangi Buka Program Beasiswa S1 Bidang Agama