in

Tips Jitu Belajar Anti Ngantuk

Photo by Sarah Noltner on Unsplash

Rasa ngantuk bisa dibilang sebagai anugerah atau musibah. Anugerah ketika kamu tahu bahwa kamu sudah cukup lelah menghadapi dunia ini. Dan musibah ketika kamu mesti mengikuti kelas online di jam rawan.

Kesal itu pasti. Apalagi ketika kamu memang sudah berusaha untuk stay, namun rasa kantuk melanda di luar kendali. Lalu, apa yang mesti dilakukan? Coba ikuti tips jitu belajar biar ngga ngantuk berikut ini.

1. Jangan Belajar Ketika Mengantuk

Tips jitu yang pertama adalah jangan belajar ketika rasa kantuk itu muncul. Ketika kamu terus-menerus menguap, cobalah untuk berhenti sejenak agar kembali normal.

2. Tidur Siang

Cobalah tidur siang terlebih dahulu jika memang kamu harus belajar di malam hari. Setidaknya kamu bisa me-refresh kembali pikiranmu dan siap untuk pelajaran baru.

3. Minum Kopi

Terlepas dari efek negatifnya, kopi dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk. Ini karena kandungan kafein yang akan membuatmu tetap terjaga.

4. Pura-Pura Mengajar

Katanya, ini adalah jurus ampuh yang bisa dilakukan untuk mengusir kantuk ketika belajar. Keraskan suaramu. Anggap dirimu sebagai guru yang sedang mengoceh di depan kelas. Auto melek meskipun suaramu habis. hehe

5. Say No to Rebahan

Tips jitu anti ngantuk terampuh adalah jangan belajar sambil rebahan. Kamu yang tidak sedang mengantuk pun bisa tertidur karena keasyikan rebahan. So, ketika kamu memang niat untuk belajar, cobalah untuk duduk dengan benar. Jaga jarak dengan kasur dan segala hal yang memicu rasa kantuk lainnya.

Nah, itu dia tips jitu belajar biar ngga ngantuk. Selamat mencoba, semoga berhasil 🙂

What do you think?

Written by Azmi Raudhatul

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Akibat Begadang yang Sering Dilupakan

Pemantik Emosi Kala Presentasi