in

Story Teller Adalah Orang Paling Berpengaruh Saat Ini

“The most powerful person in the world is the story teller. The storyteller sets the vision, values and agenda of an entire generation that is to come.” Ucap Steve Jobs.

Era digital saat ini adalah era emas bagi seorang story teller. Kalau temen-temen suka lihat, banyak sekali influencer atau seseorang yang mulai naik daun dengan karyanya yang berupa story telling akhir-akhir ini. Medianya tidak harus berupa video kita sedang menceritakan sesuatu. Foto atau bahkan hanya berupa teks dan cerita yang baik, kita mungkin bisa menjadi story teller dan punya pengaruh besar terhadap dunia. Contoh nyatanya banyak sekali konten bercerita diberbagai platform online yang mulai naik. Hal ini sesuai dengan salah satu menfess yang dikirimkan oleh sender ke @schfess di twitter. Begini katanya

Salah satu influencer ini melakukan proses bercerita dalam videonya, dengan kemampuan bahasa dan penceritaan yang baik, dia dapat menarik penontonnya untuk menyimak serta mendengarkan apa yang dia sampaikan dengan baik. Jika hal ini dibawa kedalam narasi yang lebih serius, semisal melakukan kampanye kesehatan, penyebaran narasi tentang suatu hal yang mendapat miskonsepsi, dan lain sebagainya. Dia dapat mengubah pandangan dan mengubah dunia hanya dengan kemampuannya untuk bercerita dan ini tentunya sangat menguntungkan bagi dirinya dan orang yang membutuhkan informasi.

Tak hanya itu, bagi kita yang ingin memulai karir di dunia permediasosialan dan kita hanyalah orang “biasa” yang baru ingin memulai. Story telling juga merupakan salah satu opsi yang bisa kita ambil untuk mengawali karir kita. Dengan pembawaan dan cerita yang baik, pelan-pelan hal ini dapat membantu kita untuk menarik penonton dan tentunya menjadi awal yang baik untuk karir kita.

Maka dari itu, writer akan membahas tentang hal-hal yang mungkin bisa kita lakukan dalam story telling. Semua ini diambil dari riset dan observasi pribadi, yang semoga berguna untuk kita semua.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencoba dunia story telling adalah sebagai berikut :

1. Mulailah dengan menulis

Salah satu hal yang writer sadari dan percayai adalah bahwa everything started with writing. Segala hal yang ingin kita lakukan berawal dari menulis. Tulislah dengan baik hal yang ingin kita ceritakan secara sistematis dan terstruktur. Untuk orang yang sudah terbiasa bercerita, kita bisa menuliskan point-point penting yang ingin kita bahas. Namun bagi mereka yang baru memulai, tidak ada salahnya untuk menulis semuanya dengan terstruktur untuk disampaikan kembali. Jangan lupa perhatikan struktur tulisan yang baik, tulisan harus berisi pembuka – isi – penutup yang runtut dan jelas agar mendapatkan tulisan yang baik.

2. Tentukan siapa yang akan mendengarkan kita dan apa tujuan kita becerita

Jika diawal kita berniat dan bertujuan untuk menyampaikan cerita yang bisa menngubah dunia dan mengubah pikiran semua orang, hal tersebut akan terasa sangat sulit dan berat. Namun bila kita coba untuk memulainya dengan menentukan tipe pendengar seperti apakah yang kita ingin mereka mendengarkan kita, hal ini dapat mempermudah kita menentukan cerita seperti apakah yang ingin kita ambil, dan apa tujuan kita bercerita.

3. Take an action!

Sebanyak apapun tips dan trik bercerita yang sudah kita baca, mereka tidak akan membantu kita apabila kita tidak mencoba. Kita tidak harus menunggu momen besar atau kondisi dimana kita akan mengubah dunia untuk memulai sebuah cerita. Kita dapat memulainya dengan bercerita didepan hp kita dan mengunggahnya di platform online, atau mulai menulis dan membuat blog sendiri. Jika hal ini terus menerus dilakukan dalam tempo yang lama, secara tidak sadar tulisan atau skill story telling kita akan terasah dan terus berubah serta berkelanjutan.

Untuk memudahkan teman-teman yang ingin memulai tulisan berupa cerita, puisi, artikel dan lain sebagainya. Schfess.id membuka peluang untuk semua orang menambahkan karyanya disini. Kita memiliki kesempatan yang sama untuk menulis dan mempublikasikannya. Tentunya memberi kesempatan untuk menjadi orang paling berpengaruh di dunia. So let’s take an action and publicated it!

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Netizen Indonesia Sopan Kok!

Jangan Asal Ngechat! Sama Temen Juga Ada Etikanya