in

Stereotype War: IPA VS IPS

Photo by little plant on Unsplash

Sekolah Menengah Atas (SMA) ialah jenjang terakhir wajib belajar di Indonesia. Pada jenjang ini para siswa diwajibkan untuk memilih jurusan yang diminati yaitu IPA, IPS ataupun Bahasa. Banyak sekali stereotip yang muncul mengenai jurusan di SMA, terutama IPA dan IPS. Enggak sedikit loh masyarakat menilai mata pelajaran jurusan IPA lebih rumit daripada IPS, walaupun kenyataannya belum tentu begitu. Stereotip yang telah berkembang ini tercermin dari salah satu kiriman pada akun twitter @schfess yang menanyakan apakah pelajaran anak IPS lebih gampang, seraya mengirimkan sebuah screenshot yang menunjukkan seseorang yang kebingungan dalam memilih jurusan di SMA, dan kemudian ada yang menjawab “IPS aja gampang klo ipa rumid”

Kiriman pertanyaan pada menfess ini tentunya mengundang banyaknya replies dari anak IPS yang menjelaskan bahwa mata pelajaran pada jurusan IPS tidak gampang. Seperti jawaban dari @nowsantuy ini nih.

Ada juga kesaksian anak IPA yang telah mencicipi pelajaran IPS seperti ekonomi yang menurutnya rumit. Seperti reply yang satu ini dari @sweettiny12

So, ga ada jurusan yang lebih gampang ataupun lebih susah daripada jurusan lainnya ya guys. Semua jurusan memiliki kerumitannya masing-masing, manfaat dalam pengaplikasian mata pelajarannya pun berbeda. Tentunya, kedua disiplin ilmu tersebut sama-sama sulit dan dibutuhkan aplikasinya. Jadi jangan termakan stereotip ya!

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Biar Gak Nyesel Setelah Lulus Sekolah

Ujian dan Kepura-puraan