in

Sopan Santun Sosial Pengaruhi Kemajuan Generasi Milenial

Sopan santun sosial sebagai sarana penghubung perbedaan status sosial. 

Kesopansantunan sosial (social etiquette) sangat mempengaruhi kemajuan generasi milenial Indonesia dalam menghadapi perubahan zaman. Kesopansantunan sosial merupakan salah satu faktor yang mengatur kehidupan manusia di lingkungan keluarga, masyarakat, bahkan berbangsa dan bernegara.

Motivator Anna Hariyatiningsih mengatakan, bangsa Indonesia sangat dikenal dunia sebagai bangsa yang sangat menjunjung tinggi sopan santun dan keramahtamahan sebagai perilaku dan budaya bangsa. “Bisa dibayangkan bagaimana kacaunya kehidupan manusia tanpa sopan santun sosial,” katanya saat memberikan pelatihan dalam webinar yang diselenggarakan oleh Srikandi Avia Sejati (SAS) Training Center, bertema “Peran Social Etiquette Dalam Menunjang Penampilan Generasi Milenial Indonesia”, dalam rangka memeriahkan HUT Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (⅞).

Direktur Srikandi Avia Sejati (SAS) Training Center yang berkantor pusat di Surakarta, Jawa Tengah, itu mengatakan sopan santun sosial sebagai sarana penghubung perbedaan status sosial. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam sopan santun sosial, katanya, adalah sikap atau tata cara dari gerakan tubuh kita, tingkah laku, berbicara dan bertutur kata.

“Generasi milenial sebagai penerus bangsa harus menjunjung tinggi kepribadian dan budaya bangsa yang dikenal luhur menjaga sopan santun,” kata.

Kesopansantunan sosial, menurut dia, akan mudah diterapkan di lingkungan bila telah ada pendidikan sejak dini dalam keluarga. “Etiket sosial yang dipelajari dari usia sedini mungkin, membuat kita lebih cepat menyesuaikan diri pada lingkungan,” katanya.

sumber : Antara

Source

What do you think?

Written by News Sch

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

SMA VS SMK, Mana Pilihanmu ?

Dukung SDM Digital, Huawei Latih TIK Sekolah Vokasi