in

Sedikit Apresiasi dari Sang Guru Baik Hati

Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Kebutuhan manusia bukan hanya meliputi kebutuhan jasmani, namun juga kebutuhan keamanan, kasih sayang, penghargaan, dan aktualisasi diri. Banyak orang yang tidak menyadari hakikat kebutuhan tersebut sehingga cenderung abai dalam pelaksanaannya dan tidak menganggap hal tersebut penting. Pada usia sekolah, biasanya siswa akan sangat senang ketika diberi apresiasi walaupun sedikit, terutama dari guru mereka. Mereka akan lebih nyaman ketika guru memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini juga yang disampaikan oleh salah satu sender akun twitter @schfess.

Ia menceritakan dua jenis feedback guru ketika mengumpukan tugas dan memberikan satu bintang untuk feedback “Oke” dan banyak bintang untuk feedback yang sebenarnya juga singkat, namun lebih hangat yaitu “Siang Nak, baik nak”. Di sini terlihat bahwa sender lebih menyukai feedback kedua tersebut.

Ternyata sobat schfess lainnya juga menginginkan hal yang sama, yaitu apresiasi dan kehangatan seperti beberapa replies berikut ini.

Wah, adem banget ya bacanya kalo dapet respons kayak gitu. Walaupun cuma hal kecil, namun sangat berarti loh ternyata di mata para pelajar, bikin semangat juga. Namun hal ini tentu saja berlaku dua arah ya guys, sebagai siswa kita juga harus menghormati guru kita. Yuk saling menghormati dan menghargai!

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Mendikbud: Pancasila dan Bahasa Indonesia Jadi Muatan Wajib

Momen Menegangkan di Kelas