in

Memilih Jurusan Berdampak Pada Masa Depan

Kamu pernah terlintas ini gak di kepala kamu “IPA atau IPS ya?” atau “Bingung banget suka IPS tapi ntar masuk PT mesti linjur dong :/” 

hmm.. atau temen kalian nyeletuk bilang “Mending masuk IPA deh, banyak jurusan yg bagus” atau “IPS aja, emang mampu hidup dengan fisika dan kimia?” kemungkinan 90% sobat karna lagi kepikiran hal ini. 

Yuk coba ikutin artikel ini supaya kamu tercerahkan!

Coba tuliskan minat kalian dalam suatu kertas. Seseorang yang berminat mengerjakan sesuatu akan mengerjakan dengan senang hati sampai selesai. Apakah kecenderungan minat kamu ada pada pelajaran sosial? Apakah ada rasa gembira dan puas ketika kamu mampu menghafalkan dan menjelaskan beragam kingdom di matpel biologi? Atau ada rasa ketertarikan terhadap perubahan di lingkungan masyarakat? Mungkin beberapa dari kamu ada yang menyukai beberapa pelajaran namun tidak sedikit yang sama sekali tidak tertarik mata pelajaran apapun. Its okay, Coba tuliskan semua hal yang kamu minati dan runutkan hal yang paling kamu sukai dengan angka yang paling tinggi. 

list minat itu akan membantu kamu menentukan jurusan apa yang akan kamu pilih.

Tugasmu belum selesai sampai disini. Setelah kamu tahu jurusan yang kamu pilih cari tahu kemungkinan-kemungkinan jurusan di PT yang relate dengan jurusan yang kamu pilih. Misalnya kamu memilih IPA coba googling deh jurusan IPA bisa kuliah ambil jurusan apa aja, lebih baik lagi kamu bisa lebih detail mencari tahu pekerjaan yang relate dengan jurusan yang akan kamu ambil di PT.

When quriosity is alive, we are attracted to many things; we discover many worlds – Eric Booth 

Selanjutnya setelah kamu tahu akan memilih jurusan apa di SMA, kemungkinan jurusan yang akan kamu pilih nanti di Perguruan Tinggi, dengan kemungkinan pekerjaan-pekerjaan yang akan kamu lakukan kamu tinggal berdiskusi dengan orang tua atau keluargamu. Kamu bisa juga menggunakan jasa psikolog untuk membantu kamu menemukan minat dan jurusan yang akan kamu ambil. Diskusi akan membuka seberapa besar peluang dirimu di jurusan tersebut. 

Pada akhirnya peluang untuk mencapai masa depan yang kamu inginkan ada di tangan kamu. So, semangat belajar, cari tau apa yang kamu inginkan mulai dari sekarang!

Penulis : Fifi Novita – KARNA

What do you think?

Written by KARNA

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Kamu lebih keren kalau punya etika yang baik

Apa Minat dan Bakat itu ??