in

LoveLove

Memanusiakan Diri Sendiri di Tahun 2021, Bagaimana Caranya?

Memanusiakan Diri Sendiri

            Apa yang terlintas dalam benak Anda Ketika mendengar kata “Tahun 2020”. Tahun yang buruk? Muak? Lelah? Tidak disangka? Mungkin itu adalah beberapa kata yang keluar dari mulut Anda, tidak bisa kita pungkiri bagi sebagian atau bahkan hampir seluruh manusia sepakat tahun 2020 adalah tahun yang sulit, tahun kita menghadapi pandemi,  bergelut dengan virus yang bahkan kita tidak bisa lihat wujudnya dengan mata telanjang, melakukan aktivitas yang biasanya kita kerjakan di luar rumah sekarang harus kita kerjakan di dalam rumah, rasa bosan, rindu dengan suasana luar atau bagi para pelajar saya yakin sekolah online juga merupakan hal yang baru bagi mereka bagaimana mereka beradaptasi dengan itu semua,  bagaimana mereka mengatasi kerinduan dengan suasana sekolah bermain bersama teman seperti biasa.

Tetapi di balik kesuraman itu semua, tahun 2020 adalah tahun yang memperlihatkan kita bahwa manusia memang sejatinya tidak bisa hidup sendirian, pada tahun 2020 semua orang yang diberi lebih saling membantu mengulurkan tangan kepada orang yang kurang beruntung, rasa kemanusiaan, rasa solidaritas karena itu semua kita masih bisa untuk sekadar bertahan, karena rasanya mustahil jika berdiri sendirian bertahan dari pandemi yang melanda.

Di tahun 2020, memanusiakan manusia lain adalah suatu keharusan, saling memberi semangat walaupun rasanya diri kita sendiri sedang membutuhkan pelukan dan rasa tenang.

Memanusiakan manusia lain di sini merupakan upaya untuk membuat manusia menjadi berbudaya atau berakal budi. Sesama manusia saling menghargai, menghormati, dan tidak mengadili. Tidak ada tindakan yang merendahkan, mencibir, atau hal lainnya yang membuat sakit hati dan sebagainya.

Tetapi kita seringkali lupa untuk memanusiakan diri sendiri, sebagai buktinya kita selalu merasa takut untuk memulai sesuatu atau takut untuk terlihat lemah. Maka, untuk 2021 ini memanusiakan diri sendiri adalah resolusi saya di tahun ini, dan mungkin harus menjadi resolusi kalian juga.

Pernahkah kalian berpikir ”Mengapa saya lebih mudah untuk memanusiakan manusia lain daripada melakukannya kepada diri saya sendiri? Bagaimana bisa saya mengatakan tidak apa-apa untuk menangis kepada manusia lain, tetapi melarangnya untuk diri sendiri?” Saya jadi tersadar perasaan kurang percaya diri, takut untuk memulai hal yang baru,takut untuk lebih mengenal dunia karena saya terlalu takut untuk gagal dan merasakan kesedihan, saya sebegitu tidak inginnya terlihat lemah, saya selalu membentengi diri saya sendiri, sampai di titik di mana saya lupa bahwa saya juga manusia yang hakikatnya tidak harus bahagia Pernahkah kalian berpikir seperti itu?

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memanusiakan dirimu sendiri:

1.Menerima diri sendiri apa adanya

            Jika kita terus merasa kurang dan tidak menerima apa yang kita punya itu akan membuat kita terus berpikir bagaimana cara mendapatkan itu semua, dan itu tidak akan baik untuk dirimu sendiri.

2.Memberi waktu untuk diri sendiri

            Setiap kita sedang mengerjakan sesuatu, seringkali kita sering lupa memberi waktu kepada diri sendiri untuk beristirahat karena sibuk mengejar kata sempurna padahal pada kenyataanya mengapa harus menjadi sempurna jika caranya adalah dengan menyakiti diri sendiri.

3.Fokus saja dengan apa yang membuat kita senang

            Kita tidak bisa menentukan omongan apa yang orang berikan kepada kita tetapi kita bisa menentukan omongan apa yang akan kita dengar. Fokus saja dengan apa yang membuat kamu senang, maka rasakanlah perubahannya.

4.Tidak apa untuk tidak bahagia

            Karena pada hakikatnya, manusia diberikan lebih dari satu perasaan selain bahagia, kita juga pasti akan merasakan perasaan yang lainnya, dan tidak apa sesekali untuk merasa kesedihan.

Jadikan ini resolusimu di tahun 2021, ”Saya ingin untuk lebih banyak memuji diri saya sendiri di cermin saya ingin mengatakan bahwa saya ini berhak untuk merasakan setiap perasaan terlebih lagi untuk jatuh cinta, saya ingin mengatakan bahwa saya sangat bangga kepada seseorang yang sekarang pantulannya ada di cermin bangga karena dia sudah jauh lebih kuat dari beberapa tahun yang lalu, bangga karena permasalahan yang dahulu membuatnya ingin menyerah nyatanya dia berhasil menaklukannnya dia berhasil untuk tetap berdiri di sini, saya juga akan mengucapkan terima kasih setiap saya berhasil untuk memaafkan seseorang yang melukai hati saya, terima kasih unntuk tidak menaruh dendam atau bahkan membalas perbuatannya walaupun sebenarnya saya bisa melakukannya jika saya ingin.”

Di tahun 2021 ini menjadikan “Memanusiakan Diri Sendiri” sebagai resolusi, adalah bentuk perdamaian dengan diri sendiri untuk bersama-sama menghadapi tahun-tahun yang akan datang, apapun yang terjadi ditahun ke depan setidaknya kita tahu kita bisa  kehilangan semuanya kecuali diri sendiri.

    

What do you think?

Written by langita

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Aku di Rumah

ASPD JOGJA!? APA SIH ITU?