in

Kenapa Sebuah Apresiasi Itu Penting

Mengerjakan sesuatu yang sulit sudah menjadi hal yang biasa dalam hidup, entah kamu seorang pelajar, mahasiswa, atau pekerja sekalipun, selalu ada hal yang membuat kamu harus mengeluarkan tenaga lebih dalam melakukan hal tersebut. Sering kali karena saking banyaknya hal-hal sulit yang kita lakukan, kita lelah dan letih karena semua itu. Tapi ada satu hal yang ampuh untuk mengembalikan semangat kita, yaitu apresiasi.

Apresiasi simpelnya adalah sebuah penghargaan. Apresiasi adalah sebuah penghargaan yang diberikan karena kita telah menyelesaikan suatu pekerjaan. Apresiasi bisa dari siapapun, orang tua, teman atau diri sendiripun dapat memberikan apresiasi atas segala hal yang telah dilakukan. Bentuknyapun bermacam-macam, ucapan terimakasih atau selamat, pujian, hadiah, uang ataupun makanan bisa menjadi apresiasi yang berarti untuk sebagian orang. Sebenarnya kenapa apresiasi itu penting dan sangat berpengaruh untuk kita? Mari kita bahas!

1. Pekerjaan tak lagi terasa sia-sia

Setelah melewati banyak rintangan untuk menyelesaikan pekerjaan, akan lebih menenangkan jika apa yang kita hasikan mendapat sebuah apresiasi. Ini membuat kita tidak merasa sia-sia dengan apa yang sudah kita kerjakan. Inilah yang membuat apresiasi menjadi sangat impactful bagi sebagian orang. Hal ini juga dirasakan oleh salah satu sender menfess di akun twitter @schfess. Begini bunyi menfessnya

2. Dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada pada pekerjaan kita

Selain sebuah pujian, kritik yang membangun juga bisa disebut sebagai apresiasi. Mungkin sebagian orang kurang setuju dengan ini, namun apabila kita telah selesai mengerjakan suatu pekerjaan, dan ada orang yang memberikan kritik yang membangun kepada kita, itu merupakan sebuah apresiasi yang sangat berharga. Dengan kritik yang membangun ini, kita mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki dan tidak mengulang kesalahan yang sama dikemudian hari. Maka dari itu apresiasi ini sangat penting.

3. Meningkatkan hubungan baik antar manusia

Merasa dihargai dan menghargai membuat dua individu akan memiliki hubungan yang lebih erat. Karena pada dasarnya manusia akan nyaman dan bertahan apabila ada ditempat dimana dia bisa dihargai dan menghargai orang lain.

Masih banyak lagi impact yang dirasakan apabila kita memberikan apresiasi kepada orang lain. Jangan segan segan untuk memuji atau memberikan kritik kepada mereka yang telah berusaha. Karena itu semua sangat berarti bagi mereka. Sebelum terlambat, berikanlah apresiasi kepada mereka karena telah bertahan sampai saat ini. Ucapan baik darimu sangat berharga bagi orang lain.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

LaporCovid-19 Terima 167 Aduan Terkait PTM di Sekolah

Kapan Waktu Terbaik Untuk Belajar?