in

Kecerdasan Majemuk Pada Manusia, Yang Mana Milikmu?

Taukah kamu, bahwa setiap manusia diberikan setidaknya satu kecerdasan yang mereka miliki. Dalam artian semua manusia pasti memiliki satu hal yang dapat menjadi keahliannya. Kecerdasan yang dimaksud disini bukanlah selalu tentang kecerdasan matematis. Ada banyak sekali kecerdasan di dunia ini yang pasti salah satunya adalah kecerdasanmu yang dominan.

Topik kali ini writer sampaikan karena melihat salah satu menfess dari warga @schfess di twitter, begini bunyi menfessnya. 

https://twitter.com/schfess/status/1497951262528385028?s=20&t=Wck9CwqhEjYkEv6ubOJ5SQ

Kecerdasan majemuk dipaparkan oleh seorang pakar pendidikan dan psikologi berkebangsaan Amerika, Howard Gardner. Menurutnya, ini adalah 9 pembagian kecerdasan majemuk yang perlu kamu tahu.

1. Kecerdasan Berbahasa (Linguistic Intelligence)

Mereka yang dominan oleh kecerdasan ini berarti memiliki kemampuan dan didukung oleh ketertarikan untuk menggunakan bahasa dengan efektif. Kamu bisa menggunakan berbagai macam kata dan menyusunnya menjadi kalimat yang efektif. Kamu memiliki ketertarikan untuk memahami dan mempelajari kegiatan berbahasa. Menulis, membaca, mendengarkan dan menyampaikan bahasa menjadi sesuatu yang sangat kamu sukai. Belajar bahasa asing juga menjadi salah satu hal yang paling kamu sukai.

2. Kecerdasan Logis/Matematis (Logical-Mathematical Intelligence)

Buat temen-temen yang merasa memiliki kecenderungan ini, kegiatan menghitung, mengolah angka dan data serta membandingkan fakta dan opini menjadi salah satu hal yang kamu sukai. Peka terhadap pola-pola logis dan punya kemampuan mencerna pola-pola tersebut juga merupakan hal yang membuat kamu tertarik. Kamu menyukai hal-hal yang berhubungan dengan hitung-hitungan, bereksperimen dan mencari solusi yang logis.

3. Kecerdasan Musikal (Musical Intelligence)

Memiliki ketertarikan kepada musik merupakan ciri-ciri orang yang memiiliki kecerdasan musikal. Kamu peka terhadap suara, pintar bermelodi dan menirukan suara atau nada bicara. Kamu enjoy dengan kegiatan bermusik apapun genrenya. Apapun genrenya, bermusik menjadi hal yang paling kamu sukai. Menciptakan musik juga menjadi hal yang membuatmu menikmatinya selalu.

4. Kecerdasan Memahami Diri (Intrapersonal Intelligence)

Sering berdialog dengan diri sendiri? Pikiranmu sangat ramai dan sering merefleksikan diri disetiap melakukan sesuatu? Bisa jadi kamu adalah orang yang dominan memiliki kecerdasan memahami diri. Kamu menikmati banyak waktumu untuk sendiri dan berdialog dengan orang bernama dirimu. Kamu sangat suka untuk terus mempelajari dirimu dan memahami apa yang belum kamu pahami tentang dirimu.

5. Kecerdasan Kinestetik

Pandai mengontrol tubuh, menggerakkannya dan mengelola bagaimana tubuhmu bekerja merupakan tanda kamu adalah seorang yang dominan dalam kecerdasan kinestetik. Kamu sangat efektif untuk mengekspresikan diri mulai dari mimik, gaya dan gerak tubuh, dan lain sebagainya.

Masih ada 4 kecerdasan kinestetik yang belum kita bahas, sejauh ini kecerdasan manakah yang kamu rasa merupakan kecerdasan dominanmu? Kamu bisa melakukan beberapa test kecerdasan majemuk dengan mengetik keyword “Tes kecerdasan majemuk” pada kolom pencarianmu. Empat kecerdasan lainnya akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Selamat mengenal diri sendiri, folks!

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Aku bukanlah kritikus

4 Kecerdasan Majemuk Pada Manusia, Yang Mana Milikmu?