in

Kapan Waktu Terbaik Untuk Belajar?

Pernah ga sih, saat belajar dijam-jam tertentu, badan kerasa gerah, otak susah banget nangkep ilmu yang lagi dipelajari, dan bawaannya pengen udahan aja gitu, ga mau lanjut lagi. Mau berhentipun rasanya takut ga produktif, buang-buang waktu dan ga maksimalin waktu yang ada. Tapi kalau dilanjut, kayaknya kok kurang efektif dan kelihatannya sama aja bohong, jadi gimana?

Fakta baiknya, banyak juga orang yang merasakan hal yang sama seperti kamu pada waktu tertentu. Salah satunya adalah warga @schfess ditwitter yang mengirimkan menfessnya pada tanggal 3 Oktober 2021. Begini bunyinya.

https://twitter.com/schfess/status/1444597094434496513?s=20

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa jam-jam segitu tuh waktu yang tepat buat tidur siang. Ga usah terlalu lama, 1-1,5 jam juga udah cukup buat refresh badan dan bikin kita seger lagi. Terus kalau jam segitu bagusnya buat tidur, kapan dong waktu belajar yang baik?

Sebenarnya untuk hal ini, setiap orang punya preferensi yang beda-beda disetiap jamnya, namun disini writer akan coba buat drop kapan aja sih waktu terbaik buat belajar. Cekidot!

1. Jam 00.00 – 06.00

Kalau waktu ini, kita semua tau kalau ini adalah waktu tidur dari kebanyakan orang. Namun, ada beberapa dari individu yang justru bisa fokus dan konsentrasi buat belajar dijam ini. Hening, dingin dan sepi bener bener perpaduan yang pas buat dapat fokus waktu belajar, Buat kalian yang masih bingung nentuin jam belajar, kalian bisa coba belajar dijam ini. Tidurlah lebih gasik pada malam harinya, dan bangunlah pukul 04.00 pagi. Cobalah belajar. Jika merasakan impact yang baik saat belajar dijam-jam seperti ini. Pertahankan! Waktu ini benar benar waktu tanpa distraksi dan bisa jadi investasi kita untuk kedepannya.

2. Jam 06.00 – 09.00

Ini adalah jam paling umum dimana sekolah di Indonesia memulai kegiatan belajar mengajar. Waktu ini juga waktu yang baik untuk belajar loh! Katanya jam ini adalah saat dimana kita sedang mengebu-ngebu dan semangat banget, ingatan jangka pendek juga sedang kuat-kuatnya. Jadi buat ngafal materi ujian, bisa banget nih.

3. Jam 09.00 – 14.00

Dijam ini, sebenernya bisa kita bagi lagi jadi beberapa bagian, untuk jam 09.00 – 11.00 otak masih aman lah ya untuk menerima pelajaran, tapi kalau udah jam 11.00 – 14.00 ampun deh. Emang paling bener dipakai buat istirahat, tidur, lunch atau bersantai diwaktu ini bakalan ngebantu kita mencari energi lagi untuk melanjutkan hari yang udah setengah jalan ini.

4. Jam 14.00 – 18.00

Kalau dijam ini, harusnya badan kita udah siap untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan lain ya! Gimana engga, badan udah diisi dan udah dikasih istirahat, pasti bakalan lebih gampang untuk belajar. 

5. Jam 18.00 – 20.00

Habis kerjain kerjaan seharian, ini waktu yang paling sering dipakai untuk ibadah dan makan malam. Paling tepat sih emang untuk santai santai dan nikmatin waktu buat bercengkrama dengan orang lain. Tapi buat belajar? BIsa! Buat mereka yang ga kuat belajar disiang hari karena cuacanya yang terlalu panas dan perasaan yang belum enak, waktu ini tepat buat mereka belajar.

6. Jam 20.00 – 24.00

Buat para night owl, waktu ini cocok banget buat belajar, mata lagi seger segernya, suasananya enak dan mulai tenang. Biasanya mereka belajar pada jam-jam ini untuk menggantikan siang hari yang belajarnya kurang maksimal. Deep learning, mempelajari materi baru sangat direkomendasikan buat mereka. Namun buat yang early bird, waktu ini cocok buat kamu istirahat, karena kalau dilihat-lihat, siang hari juga sudah kalian lalui dengan baik disetiap waktunya. So dont worry!

Sebenarnya soal jam terbaik untuk belajar itu tergantung preferensi dan habit setiap orang. Kalau mereka terbiasa tidur dijam 8 malam, tentu akan sulit jika tiba tiba harus belajar dijam tersebut, tapi bagi mereka yang terbiasa bangun dijam tersebut, gampanglah buat belajar. Jadi semua tergantung sama diri kita ya! Tentukan waktu terbaik versi kalian dengan trial dan error. Dengan sedikit waktu, pasti kalian akan ketemu dengan waktu terbaik versi kalian.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Kenapa Sebuah Apresiasi Itu Penting

Kerja Keras VS Kerja Cerdas