in

Kamu Harus Tetap Se-Produktif itu

Andai saja situasi dan kondisi nya tidak serumit sekarang ini mungkin semuanya akan jauh lebih baik. Andai saja tidak ada Covid-19, andai saja tidak harus sekolah online, andai saja bisa bebas berinteraksi, andai saja semua seperti biasa, kita pasti sudah bisa melakukan banyak sekali hal.

Kalau semua seperti biasa lagi, mungkin sekarang kita sedang kerja kelompok di dalam kelas, mungkin kita sedang belajar bersama sambil tanya jawab karena sebentar lagi akan ada ulangan Biologi. Sepulang sekolah kita ga langsung ke rumah karena ada jadwal ekstrakulikuler dulu, bersiap latihan kabaret untuk acara sekolah atau latihan basket karena minggu depan akan ada lomba antar sekolah. Kita berasa jadi anak sekolah yang sibuk banget, bisa ikut organisasi sekolah atau bahkan hanya sekedar nongkrong di koridor sekolah ngomongin gebetan. Se-produktif itu Sch !!

Dan sayang sekali, itu sama sekali tidak bisa kita lakukan.

Tapi Sch !!, kalau kita hanya bisa berandai-andai saja, akhirnya itu cuman bikin kita semakin gabisa ngelakuin apa-apa kan?. Semakin ga produktif.

Ngerti banget sih, lingkungan rumah yang kurang kondusif dan semangat yang berkurang karena keasyikan leyeh-leyeh di kamar bikin kita susah buat produktif. Waktu yang serba ga pasti dan tugas yang sangat menumpuk bikin kita makin milih rebahan dari pada ngerjain hal lain. Mager parahlah pokonya.

Tapi sekali lagi. Kita ga boleh kalah sama situasi dan tetep harus Se-produktif itu yaa.

Nah,, maka dari itu, beberapa poin ini bisa bantu kamu biar lebih Produktif .

  • Buat situasi belajar di rumah jadi lebih efektif
  • Sebenernya yang bikin kita jadi ga karuan belajar di rumah adalah karena pola belajar yang berubah. Biasanya kita punya waktu yang pasti untuk belajar, dari pagi – sore kita di sekolah, sudah jelas jadwal ekskul nya, sudah jelas jadwal kosongnya bahkan jika ada tugas pun sudah jelas kapan dateline nya. Kita jadi ngerasa berat karena semuanya jadi ga teratur. Oleh karena itu, biar jadi lebih efektif kita harus bikin semuanya terjadwal lagi.
  • Buat situasinya seperti ketika kita sekolah offline aja. Ada jadwal belajar, ada jadwal istirahat, ada jadwal ngerjain tugas. Bahkan kita juga bisa buat aturannya seperti ketika kita sekolah biasa. Ketika kita belajar di kelas, ga boleh dong pegang handphone dan berselancar di media social? Nah, aturan itu juga kita terapkan di kebiasaan kita belajar dirumah. Kita juga tetep harus membiasakan diri menulis apa yang kita pelajari di buku catatan kita. Jangan sampai buku tulis kalian masih sangat bersih karena semua metode belajarnya sudah online. Kalau kegiatan belajarmu udah lebih efektif, kamu pasti akan punya waktu yang lebih banyak dan juga luang untuk mengerjakan kegiatan lain yang lebih produktif.
  • Mendalami lagi hobi kalian
  • Jika kamu memiliki hobi, situasi sering dirumah ini adalah waktu yang yang tepat untuk mendalami hobinya tersebut. Tersedia waktu yang cukup banyak untuk dialokasikan setelah kita selesai kegiatan belajar. Mendalami hobi seperti misalnya menggambar, atau berolahraga, atau yang lain, menjadi salah satu kegiatan produktif yang bisa dilakukan dirumah. Kamu bisa saja menyelesaikan target buku-buku yang ingin kamu baca atau film-film yang ingin kamu tonton.
  • Upgrade skill kamu
  • Sama hal nya seperti ekstrakulikuler di sekolah, kita melakukan kegiatan diluar belajar di kelas tentunya untuk meningkatkan skill. Kita bisa mendapatkan ilmu serta pengalaman baru dalam kegiatan-kegiatan yang berbeda dan tentunya itu bisa dilakukan dirumah. Banyak sekali platform yang menyediakan kelas-kelas online baik yang berbentuk webinar atau pun podcast. Bahkan kita bisa saja hanya bergantung pada Youtube dan segala tutorial yang ada didalamnya. Memasak, menjahit, membuat karya atau softskill dan lifeskill lainnya. Selain itu, kita juga bisa bertemu dengan orang-orang baru dan memperluas pertemanan disamping memperluas pengetahuan kita.
  • Tetap bersosialisasi.
  • Ada yang kurang rasanya jika bersosialisasi tapi tanpa bertemu. Akan tetapi, jangan sampai hilang ya.. Kamu tetap harus menjalin hubungan dengan teman-teman mu. Berkontak lewt berbagai media. Kebiasaan cerita sama temen harus menjadi kebiasaan yang rutin. Bahaslah berbagai hal yang bisa dibahas. Bisa juga kamu menyediakan waktu khusus untuk bertemu lewat zoom dengan geng di sekolahmu. Dari bercerita dan bersosialisasi biasanya kita bisa menemukan kegiatan produktif yang bisa dilakukan bersama-sama.

Kegiatan produktif semasa pandemi yang telah disebutkan di atas bisa jadi opsi agar kamu tidak hanya bermalas-malasansaja. Selain menghabiskan waktu dengan lebih bermanfaat, kamu juga dapat mengasah berbagai kemampuan dan kreativitasnya. Ketika tiba waktunya sekolah seperti biasa, kamu tidak akan kaget untuk kembali belajar dan berkegiatan karena proses itu terus terjadi selama stay at home.

What do you think?

Written by KARNA

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Precious

Miliknya