in

MantapMantap

Jalan Pintas Untuk Kamu Yang Ga Ikut Bimbel!

Semenjak sekolah online, semua jadi serba mandiri. Belajar sendiri, pusing sendiri, ngerjain tugas sendiri, semua hampir dilakukan dan dirasakan sendiri. Oleh karena itu banyak dari orang-orang di sekitar kita yang mengikuti bimbel diluar jam pembelajaran. Sering kali ini menjadi tekanan tersendiri bagi kita yang tidak mengambil bimbel. Awalnya mungkin biasa saja, tapi lama kelamaan kok kayaknya tertinggal jauh ya dengan mereka yang bimbel. Kemudian aku harus bagaimana untuk menyamai mereka? Tidak mungkin kan aku disini-sini saja dan membiarkan mereka yang bimbel meraih nilai yang baik sementara aku tidak.

Banyak faktor yang menyebabkan sebagian orang tidak mengambil bimbel diluar jam pembelajaran. Faktor ekonomi, waktu yang dimiliki, izin orang tua, transportasi atau bahkan tidak tersedianya layanan bimbel di tempat kita tinggal. Dari sekian banyak faktor itulah yang menyebabkan banyaknya anak yang ingin namun belum bisa mengambil bimbel diluar jam pembelajaran. Perlu kita ketahui adalah bahwa kita tidak sendiri, banyak teman-teman kita yang tidak mengikuti bimbel namun tetap bisa menguasai serta memahami materi. Tidak jarang juga diantara mereka bisa mendapat nilai bagus dan menjadi juara kelas.

Hal-hal yang bisa kamu lakukan apabila tidak mengikuti bimbel diluar jam sekolah:

1. Buatlah “jadwal” bimbelmu sendiri

Salah satu hal yang paling menjamin ketika kita mengikuti bimbel adalah jadwalnya yang tetap dan terkontrol. Hal ini bisa kita adaptasi pada jadwal kita sendiri. Misalkan teman-teman kita mengikuti bimbel sebanyak 3 kali dalam seminggu. Kita bisa membuat jadwal yang serupa dan mengisi waktu waktu bimbel itu dengan belajar melalui youtube platform belajar lainnya.

2. Ikutlah grup diskusi dan manfaatkan dengan baik

Sering kali dibimbel online, kita diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang hal yang tidak kita ketahui. Karena kita tidak mengikuti bimbel, kita bisa membuat grup diskusi atau bergabung kedalam grup diskusi yang aktif dan banyak penggunanya. Schfess juga menyediakan ruang diskusi didiscord untuk semua kalangan dari kelas 7 – kuliah. Ini bisa kita manfaatkan sebagai ruang untuk saling bertanya dan menjawab. Untuk teman-teman yang tertarik, link discord bisa teman teman cari di twitter dengan keyword “discord schfess”

3. Menabunglah sedikit untuk mengikuti bimbel online

Bila bimbel offline terasa sangat mahal, teman-teman dapat mengikuti bimbel online yang harganya jauh lebih terjangkau daripada bimbel offline. Teman-teman juga dapat membeli akun sharing dengan teman, kemudian membayarnya bersama untuk meringankan biaya yang harus ditanggung.

4. Carilah latihan soal dan catatan

Saat mengikuti bimbel, biasanya kita juga diberikan beberapa paket soal dan rangkuman catatan untuk mengasah kemampuan kita. Teman-teman bisa mengikuti beberapa kuis yang disediakan pada channel telegram milik schfess dengan mencarinya menggunakan keyword “Catatan Kelas … (tulislah sesuai kelas yang dicari)” Pada hari-hari tertentu para admin akan memberikan kuis untuk mengasah kemampuan kita. Jika mencari catatan, teman teman juga bisa mendownload aplikasi ambisnotes atau mengakses langsung websitenya di ambisnotes.com. Ada lebih dari 1000 catatan yang bisa teman-teman akses dan download sebagai bahan belajar.

Demikianlah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengejar ketertinggalan teman-teman yang mengikuti bimbel. Bahwa sejatinya bukan tentang siapa yang bimbel atau siapa yang tidak, semuanya tergantung bagaimana ketekunan dan keinginan kita untuk dapat meraih apa yang kita inginkan. Semoga tips kali ini bermanfaat ya!

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Kerja Keras VS Kerja Cerdas

7 Tips Agar PJJ Jadi Lebih Efektif