in

Internet Memeology; Jurusan Kuliah yang Belum Kunjung Rilis

Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “meme”. Ya, gambar-gambar lucu ini sering kali muncul setelah info-info trending atau berita viral beredar. Misalnya seperti wabah virus korona, apa yang terjadi di pemerintahan, berita sekolah, dan lainnya.

Lalu, apa meme itu sebenarnya? Istilah “meme” sendiri dicetuskan oleh Richard Dawkins. Beliau merupakan ahli biologi evolusioner. Pemikiran tersebut tertuang dalam bukunya yang berjudul “The Selfish Gene” di tahun 1976.

Dalam bahasa Yunani, “meme” berasal dari kata mimema yang berarti meniru atau imitate dalam bahasa Inggris. Meme dianggap seperti gen budaya yang mengakar dari individu satu ke individu lainnya. Diibaratkan seperti penyakit yang menular, meme berbicara tentang tren, hal-hal viral, dan segala sesuatu yang menjadi kebiasaan yang terus berevolusi.

Saking populernya, meme dijadikan sebagai salah satu jurusan perkuliahan atau dikenal sebagai Internet Memeology. Jurusan meme tersebut dapat ditemui di Northwestern University. Bagi kamu yang jago membuat meme, ini merupakan rekomendasi kampus yang paling cocok. Tapi, kamu ngga perlu jauh-jauh ke sana.

Kabarnya, Indonesia akan segera menghadirkan jurusan meme di kampus ternama seperti di Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, dan lainnya. Seperti saran Presiden Jokowi dari kiriman post di twitter @schfess ini.

Sayangnya, itu hanyalah kabar semata. Belum ada berita lanjutan mengenai kepastian jurusan tersebut. Sampai saat ini, para gen Z masih menantikan kehadirannya.

Empat tahun sudah berlalu, mereka pun masih menunggu. Ditunggu berita bahagianya aja… hehe

What do you think?

Written by Azmi Raudhatul

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Sekolah vs Bimbel

Mengenal Bikini Bottom University