in

MantapMantap

Ikut Les Agar Masuk Universitas Impian?

Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash

Sobat schfess terutama yang sudah kelas 12 sekarang mungkin hampir semua teman-temannya mengikuti les, tujuannya untuk mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN agar bisa lolos di perguruan tinggi impian. Atau mungkin untuk sobat selain kelas 12 juga mengikuti les untuk memperdalam materi yang telah diberikan di sekolah agar bisa lebih dimengerti dan mendapatkan nilai yang baik. Tapi sebenarnya bisa ga sih kita lolos masuk ke PTN impian tanpa ikut les?

Sender mengirimkan sebuah screenshot komentar dari sebuah akun bernama “Ini aku”. Menurutnya les tidak menentukan apakah kita akan masuk ke universitas pilihan atau tidak, namun yang menentukan adalah niat, usaha, dan doa. Sender tersebut pun menanyakan pendapat sobat schfess apakah mereka setuju dengan pendapat ini atau tidak. Yuk kita lihat jawabannya.

Nampaknya @beubebestfren tidak setuju dengan pendapat ini karena penyedia les biasanya memiliki rencana dan tahapan yang matang yang dibuat oleh para profesional seperti latihan soalnya. Jika tidak les maka siswa harus merencanakan semuanya sendiri.

Kalau menurut @spunkgumption les adalah salah satu bentuk usaha yang dimaksud. Dengan cara mengorbankan uang dan mengikuti semua pembelajaran dari tempat les tersebut, namun tetap saja lolos ke universitas kembali lagi ke bagaimana cara siswa belajar.

Pendapat dari salah satu yang setuju yaitu @twevortiare menceritakan pengalamannya yang bahkan tidak bisa membeli buku yang dianggap sangat manjur untuk belajar UTBK lantaran ia tidak memiliki keterbatasan ekonomi, ia hanya belajar secara online serta memahami LKS dan buku paket namun tetap bisa lolos SBMPTN, terlebih lagi ia lintas jurusan. Wah kece banget nih.

Les memang bisa ‘membantu’ siswa untuk bisa masuk universitas impian karena les menyediakan program dan pembelajaran yang diharapkan dapat mengasah pengetahuan siswa serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti SBMPTN, namun semua itu tetap harus diiringi dengan usaha dan kemauan. Tanpa les-pun siswa bisa masuk ke universitas impian loh! Jangan patah semangat ya sobat!

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Sekolah Baru Sifat Baru

Langit Biru