MantapMantap

Etika Chat dengan Guru

Photo by Adem AY on Unsplash

Kemajuan teknologi di abad 21 ini memang tergolong cukup pesat. Hal ini juga membuat manusia bisa berkomunikasi dengan lebih efisien, sebelumnya komunikasi dilakukan dengan bertemu dan berbicara secara langsung ataupun mengirim surat, namun saat ini tersedia banyak aplikasi yang mendukung efisiensi dalam komunikasi seperti komunikasi dengan tulisan e-mail dan chat. Etika berkomunikasi via tulisan tentunya berbeda dengan lisan terutama ketika seorang siswa ingin mengirimkan pesan ke guru, maka tentu harus memperhatikan etika yang berlaku.

Salah satu sender akun twitter @schfess menanyakan bagaimana tata cara chat guru yang benar, ia melampirkan sebuah screenshot chat dirinya dengan guru matematikanya yang mana guru tersebut meminta agar ia berbahasa lebih sopan. Kira-kira di mana ya kesalahannya?

Yuk kita kupas di mana kesalahan chat tersebut serta bagaimana seharusnya etika chat guru yang baik dengan menyimak beberapa komentar dari sobat schfess berikut.

Nah, itulah beberapa koreksi dan tips dari sobat schfess. Ketika chat guru sebaiknya kita mengucapkan salam dan perkenalan, karena guru tidak mungkin save semua nomor siswanya kan. Kemudian gunakan bahasa baku, jangan lupa meminta maaf karena bisa saja kamu mengganggu waktunya dengan bertanya-tanya. Dan terakhir jangan lupa selalu ucapkan terima kasih.

Sekian ulasan tentang etika dan tata cara chat guru, semoga bisa bermanfaat ya!

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Suka Duka Kelas Unggulan

Seberapa “Nakal” dirimu di Masa SMA?