Efek Sekolah Online: Jadi Zombie

Photo by Serj Sakharovskiy on Unsplash

Udah lebih dari satu tahun sekolah dengan metode pembelajaran daring diberlakukan sejak Maret 2020. Sejak itu, semua kegiatan belajar mengajar dilakukan melalui aplikasi seperto zoom, google meet, dan google classroom. Akibatnya siswa maupun guru harus lebih sering menggunakan laptop maupun handphone untuk mengakses pelajaran.

Pembelajaran yang dilakukan dengan perangkat keras seperti laptop maupun handphone ternyata memiliki efek samping yang bisa dirasakan loh, seperti yang dibagikan oleh salah satu sender akun twitter @schfess ini.

Menurutnya, ketika sekolah online, ia merasakan sakit kepala, sakit pinggang dan sakit mata. Ketiga hal ini merupakan dampak dari lamanya waktu yang dihabiskan untuk mengakses pembelajaran dengan laptop maupun handphone. Siswa menjadi terlalu lama duduk yang dapat menyebabkan sakit pinggang, selain itu menatap laptop maupun handphone dalam jangka waktu yang lama juga menyebabkan mata merah dan kepala menjadi sakit, kalo dipikir-pikir kayak zombie ya. Berbeda dengan pembelajaran offline yang biasanya siswa belajar melalui buku.

Beberapa sobat schfess yang lain juga membagikan keluh kesahnya selama pembelajaran daring, mari kita simak aja yuk!

Wah minus matanya sampe nambah dua nih si @olippiea, bisa jadi karena terlalu lama menatap screen. Menurut @ngantukakundes juga matanya makin terasa buram

@jisungsthetiic juga membagikan pengalaman serupa nih yaitu sakit punggung karena kelamaan duduk.

Wah ternyata dampak pembelajaran online begitu nyata dan bisa dirasakan masing-masing siswa. Maka dari itu, untuk meminimalisir efeknya kalian bisa melakukan stretching beberapa kali ketika duduk sambil mengakses kelas ya selain itu usahakan posisi duduk ergonomis, usahakan juga setelah pembelajaran selesai istirahatkan mata dengan tidak menatap screen lagi untuk mencari hiburan seperti menonton youtube terlalu lama. Semoga pembelajaran daring tidak berlangsung lebih lama ya!

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Intip Desain Buku Tahunan Sekolah Sobat Schfess

Kelakuan Saat Kelas Tujuh, Benarkah Itu Aib?