in

MantapMantap

Belajar Ini Itu, Emang Bakal Kepake di Dunia Nyata?

Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Sobat schfess kira-kira pernah bertanya-tanya kayak “apa gunanya sih belajar aljabar buat kehidupan nyata?” “pelajaran vektor gunanya apa sih?” ga? Mungkin 90% pernah ya. Pelajaran matematika emang rumit, kalo udah pusing biasanya kita malah bakal jadi mikir “emang belajar ginian buat apa sih?”. Ini juga yang ditanyakan oleh sender akun twitter @schfess.

Nah, supaya kita ga bingung sendiri dan malah menyalahkan pelajaran serta untuk menambah semangat. Yuk kita kepoin beberapa jawaban dari sobat schfess lainnya di kolom replies!

  1. Melatih Otak

Menurut @aerwyn_ dan @alluredoh pelajaran semacam fisika dan matematika fungsinya untuk melatih otak agar terbiasa dalam menyelesaikan masalah. Jadi ga secara langsung bakal digunakan dalam profesi dan pekerjaan, tapi mengasah problem solving dan berpikir kritis.

  1. Sebagai Pengetahuan Dasar

Kalo pendapat dari @Tofuyewon sebenarnya semua pembelajaran di sekolah itu cuma dasarnya aja, nanti pada aplikasinya khususnya di bidang teknik akan dibutuhkan loh karena akan ada pengembangan-pengembangan kasus.

Pendapat dari @mystarrycheeks juga mengungkapkan bahwa sebenarnya ilmu-ilmu itu akan digunakan tapi hanya dalam profesi tertentu. Kita berpikir materi tersebut tidak penting karena kita masih belum tau akan jadi apa kita di masa depan. Tapi setidaknya di sekolah kita belajar dasarnya supaya jika takdir berkata kita akan menjadi insinyur jadi ga kaget-kaget banget kan.

  1. Aplikasi Ilmu Tertentu

Sobat schfess dengan username @mystreetnames berbagi aplikasinya nih. Statistika akan berguna untuk uji statistik, contohnya pada persamaan regresi yang akan berguna untuk bisa memprediksikan sesuatu. Sedangkan Diferensial dan integral akan berguna untuk format balapan motor.

Pada akhirnya, mungkin beberapa pelajaran yang kita dapat di sekolah tidak akan semuanya berguna untuk diri kita, tapi bukan berarti materi tersebut tidak ada gunanya sama sekali. Mungkin kebetulan profesi kita di masa depan tidak membutuhkan ilmu itu, tapi profesi lain membutuhkannya. Artinya, tidak ada ilmu yang sama sekali ga ada gunanya ya guys, so tetap semangat belajar karena kita ga tau mungkin kita akan butuh ilmu tersebut di masa depan atau setidaknya untuk melatih otak kita.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Dear, IPB …

Itu Bukan Sekolah, tapi Kabur Dengan Gaya