in

MantapMantap

Bagaimana Cara Menghubungi Guru dengan Benar?

Hand holding mobile phone with text messages flat vector illustration. Smartphone screen with chat conversation. Modern telephone, communication concept

Di masa pembelajaran daring ini, telepon atau pesan singkat merupakan salah satu cara siswa berkomunikasi dengan guru.

Akan tetapi, masih ada beberapa pelajar yang belum mengetahui etika dalam menghubungi guru. 

Jangan anggap ini hal remeh, cara kamu menghubungi guru boleh jadi adalah salah satu kriteria guru dalam menilai sikap kamu. 

Lalu, bagaimanakah cara menghubungi guru dengan benar?

1. Pilih waktu yang tepat
Selain mengajarkanmu, guru pun memiliki kesibukan lain dan waktu beristirahat. Hubungi guru di waktu yang tepat, contohnya saat jam kerja (sekitar pukul 07.00–17.00). Hindari waktu ibadah, apalagi waktu istirahat. Jika tidak terlalu darurat, usahakan pula untuk tidak menghubungi di hari Sabtu dan Minggu.

2. Awali dengan salam atau sapaan
Salam atau sapaan dapat menunjukkan kesan formal pada sebuah percakapan. Kamu dapat mengawali pesan dengan salam “Assalamualaikum” bagi yang muslim atau sapaan seperti, “Selamat pagi”.

3. Permohonan maaf
Sebelum menyampaikan maksud dan tujuanmu, alangkah baiknya diawali dengan permohonan maaf seperti, “Mohon maaf mengganggu”.

4. Perkenalkan diri
Perlu diingat bahwa guru memiliki banyak siswa, sehingga beliau tidak mungkin menyimpan semua nomor siswanya. Apalagi foto profil dan display name yang digunakan aneh–aneh, membuat guru sulit mengenali kontak siswanya. Maka, perkenalkan diri kamu dengan jelas saat menghubungi guru. Pastikan kamu menyebut nama lengkap dan kelasmu, ya!

5. Sampaikan maksud dan tujuanmu dengan jelas
Sampaikan maksud dan tujuanmu dengan jelas. Jangan bertele–tele. Ingat! Gunakan bahasa formal ketika menghubungi gurumu. Bukan “aku” tapi “saya”.

6. Berterima kasih
Ucapkan “Terima kasih” sebagai penutup.

Contoh:
Assalamualaikum, Bu. Mohon maaf mengganggu
Saya, Andy Park dari XI MIPA 7, ingin bertanya. Apakah ubi yang digunakan untuk praktikum dapat diganti dengan kentang?
Terima kasih

Itulah hal–hal yang perlu diperhatikan ketika menghubungi guru. Dengan etika yang baik, para guru pun akan menjawabnya dengan baik pula. Jangan takut untuk bertanya, ya! Di masa pembelajaran daring ini, telepon atau pesan singkat merupakan salah satu cara siswa berkomunikasi dengan guru.

What do you think?

Written by Fawwaz Nabila

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Mengabdi

Filo