in

Akibat Begadang yang Sering Dilupakan

Photo by Victoria Heath on Unsplash

Begadang merupakan aktivitas yang sering dianggap remeh bagi banyak orang. Termasuk anak sekolah dan mereka yang kuliah. Dengan alasan mengerjakan tugas dan belajar ekstra demi mencapai sebuah tujuan. Tidak ada salahnya dengan niat baik tersebut. Hanya saja, tubuh memerlukan istirahat. Jangan sampai kamu melupakan akibat yang muncul karena kebiasaan buruk ini.

Menurut pimpinan penelitian University of Exeter, Samuel Jones, mengatakan bahwa terdapat beragam alasan kenapa orang-orang menjadi night owls. Salah satunya disebabkan oleh perbedaan kinerja otak terhadap rangsangan cahaya. Meskipun demikian, berusaha untuk beristirahat tepat waktu adalah pilihan terbaiknya.

Lalu, seberapa buruk dampak begadang secara fisik dan psikis? Masalah apa yang akan ditimbulkan di kemudian hari? Ini adalah salah satu cuitan yang mesti di-higlight dari akun twitter @schfess.

Kanker Otak

Peneliti dari University of Cologne, Thomas C Erren, berhasil meneliti tentang dampak buruk begadang. Beliau mengatakan bahwa begadang dapat membuat pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali. Itulah kenapa begadang yang dilakukan secara berkelanjutan dapat menyebabkan kanker otak.

Microsleep

Dampak begadang lainnya yang cukup berbahaya adalah microsleep. Ini merupakan keadaan di mana seseorang bisa tiba-tiba tertidur ketika melakukan aktivitas.

Depresi

Bagi kamu yang hobi banget begadang atau lebih tenang mengerjakan sesuatu di malam hari, coba pikirkan lagi. Lama kelamaan, ini bisa berdampak buruk bagi perkembangan psikismu. Terus menerus terjaga membuatmu kehilangan arah, menangis tanpa alasan, dan berujung pada stress hingga depresi.

Itulah tiga dampak utama yang disebabkan oleh begadang. So, jangan berpikiran bahwa mengerjakan tugas di malam hari atau mepet waktu itu lebih memunculkan banyak ide. Peduli pada kesehatan itu adalah hal yang utama. Pikirkan efek jangka panjangnya juga yaaah… 🙂 Karena hanya kamu yang mencintai dirimu dengan sangat baik.

What do you think?

Written by Azmi Raudhatul

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Jika Ada Kasus Saat Uji Coba, Sekolah Ditutup Sementara

Tips Jitu Belajar Anti Ngantuk