in

7 Tips Agar PJJ Jadi Lebih Efektif

Kita semua tau bahwa pembelajaran jarak jauh tidak seefektif pembelajaran tatap muka. Tidak adanya pengawasan, suasana rumah yang tidak efisien, melakukan semua kegiatan dalam satu waktu. Penyebab ketidakefektifan ini sangat kompleks dan rumit. Dikesempatan kali ini, writer akan memberikan tips pembelajaran jarak jauh lebih efektif dan efisien untuk kamu yang bermasalah pada manajemen diri. Jadi tips ini bisa berlaku untuk kamu yang kondisi rumah sudah kondusif ya!

1. Biasakan bangun pagi seperti hendak sekolah

Agar lebih efektif, kita bisa memposisikan diri saat hendak sekolah. Bangunlah lebih pagi, mandi dan sarapanlah seperti akan pergi kesekolah. Untuk menaikkan mood, kamu bisa menyetel lagu yang kamu rasa membangkitkan semangatmu. Sebelum mandi, kamu juga bisa sedikit berjemur dan berolahraga. Matahari pagi sangat bermanfaat untuk tubuhmu.

2. Menjauhlah dari tempat kamu tidur

Bila kamu punya ruangan kosong, atau tempat yang kondusif dimana disana tidak ada tempat untuk kamu rebahan atau bersantai, gunakanlah ruangan itu untuk mengikuti PJJ. Ruangan belajar yang terpisah dengan ruang istirahat akan memberikanmu sinyal bahwa ditempat itu kamu harus belajar, bukan bersantai.

3. Berdoalah sebelum pembelajaran

Berdoa its a must. Sebelum melakukan apapun, usahakanlah untuk berdoa dan meminta kemudahan dalam menerima pelajaran, karena sesuatu yang diawali doa pasti akan berjalan baik bukan?

4. Jauhkan distraksi saat meet berlangsung

Saat PJJ, kita seringkali cepat terdistraksi karena merasa tidak ada pengawasan. Maka dari itu cobalah untuk menjauhkan distraksi, seperti menutup atau meletakkan handphone jauh dari jangkauan. Jangan menyetel lagu saat meet berlangsung. Jika distraksinya adalah dirimu sendiri dan pikiranmu, siapkanlah lembar distraksi untuk menuliskan apa hal yang tiba tiba terpikir olehmu, kemudian cobalah untuk berhenti memikirkannya.

5. Lakukanlah streaching setiap pergantian pelajaran

Duduk terlalu lama tidak baik untuk tubuh, lakukanlah streaching setiap pergantian pelajaran dan berjalanlah sedikit mengitari rumah. Ini akan memberikan diri kita sedikit pergerakan.

6. Buatlah catatan meet

Manusia memiliki kemampuan mengingat yang terbatas, untuk mengatasi itu, catatatlah hal-hal yang disampaikan gurumu dimeet/zoom. Meskipun materinya sudah ada dippt, biasanya gurumu akan menerangkan yang penting penting disana, kamu tidak ingin ketinggalan, kan?

7. Lakukanlah active recall diluar pembelajaran

Di masa PJJ ini, guru kemungkinan hanya akan menjelaskan satu kali untuk satu materi yang ada. Oleh karena itu, kita perlu mengulang-ngulang materi itu sendiri agar lebih nempel diotak dan bertahan lama. Ini juga akan memudahkan kita saat ada ulangan mendadak. Bekal yang sudah kita recall akan memudahkan kita dalam ujian dadakan.

Inilah 7 tips untuk PJJ yang lebih efektif. Belakangan ini, sudah banyak sekolah yang melakukan pembelajaran tatap muka, manfaatkanlah waktu tatap muka ini dengan baik karena ini akan memberikan keuntungan dan peningkatan nilai yang lebih. Semoga 7 tips ini mempermudah proses teman-teman dalam belajar jarak jauh ya!

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Jalan Pintas Untuk Kamu Yang Ga Ikut Bimbel!

7 Lagu Bahasa Inggris yang Mudah Dinyanyikan